Pengembangan Produk dan Brand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bandarlampung Berbasis E-Marketplace
Keywords:
E-Marketplace, Usaha Mikro-Kecil-Menengah (UMKM), Brand, Pengembangan ProdukAbstract
Perkembangan teknologi telah mendorong pergeseran aktivitas bisnis global, nasional, dan daerah. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam kondisi ini dihadapkan pada berbagai tantangan dan persaingan usaha. E-commerce kini mulai dimanfaatkan untuk menyiasati hal tersebut. UMKM Provinsi Lampung sebagai salah satu yang terbanyak di Pulau Sumatera dan Indonesia, butuh melakukan transformasi dan pemanfaatan keberadaan e-commerce. Tim Pengabdian Masyarakat telah melakukan kegiatan sosialisasi kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan pemahaman mengenai pengembangan produk, brand, dan pemanfaatan e-marketplace. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman peserta kegeiatan, serta berhasil merumuskan rekomendasi pemodelan transformasi UMKM untuk diimplementasikan di Provinsi Lampung.
Downloads
References
Badan Pusta Statistik, (2021), Jumlah Perusahaan Industri Skala Mikro dan Kecil Menurut Provinsi, Jakarta: BPS.
Bahrami, Homa. (2013). People Operations at Mozilla Corporation: Scaling a Peer-to-Peer Global Community. California Management Review, Vol. 56, No. 1 (Fall 2013), pp. 67-88. Barkeley: University of California Press.
Brunn, P., Jensen, M., dan Skovgaard, J. (2002). Marketplaces: Crafting A Winning Strategy. European Management Journal, 286-298
Carey, Peter. (2001). The Internet and E-commerce. Thorogood, SPI Edition.
Daniels, John D; Radebaugh, Lee H; dan Sullivan, Daniel P. (2015). International Business Environments and Operations 15th Edition. London: Pearson Education Limited.
Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity 4th Global Edition. Essex: Pearson Education Limited
Nickels, William; McHugh, James M; McHugh, Susan M. (2019). Understanding Business Twelfth Edition. New York: MacGraw Hill.
Youth and Environment Europe. 2018. Active Youth - Better Environment. Praha-Hostivař: YEE.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Fahmi Tarumanegara, Hasbi Sidik, Fitri Juliana Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.