Pengembangan Produk dan Brand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bandarlampung Berbasis E-Marketplace

Authors

Keywords:

E-Marketplace, Usaha Mikro-Kecil-Menengah (UMKM), Brand, Pengembangan Produk

Abstract

Perkembangan teknologi telah mendorong pergeseran aktivitas bisnis global, nasional, dan daerah. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam kondisi ini dihadapkan pada berbagai tantangan dan persaingan usaha. E-commerce kini mulai dimanfaatkan untuk menyiasati hal tersebut. UMKM Provinsi Lampung sebagai salah satu yang terbanyak di Pulau Sumatera dan Indonesia, butuh melakukan transformasi dan pemanfaatan keberadaan e-commerce. Tim Pengabdian Masyarakat telah melakukan kegiatan sosialisasi kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan pemahaman mengenai pengembangan produk, brand, dan pemanfaatan e-marketplace. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman peserta kegeiatan, serta berhasil merumuskan rekomendasi pemodelan transformasi UMKM untuk diimplementasikan di Provinsi Lampung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusta Statistik, (2021), Jumlah Perusahaan Industri Skala Mikro dan Kecil Menurut Provinsi, Jakarta: BPS.

Bahrami, Homa. (2013). People Operations at Mozilla Corporation: Scaling a Peer-to-Peer Global Community. California Management Review, Vol. 56, No. 1 (Fall 2013), pp. 67-88. Barkeley: University of California Press.

Brunn, P., Jensen, M., dan Skovgaard, J. (2002). Marketplaces: Crafting A Winning Strategy. European Management Journal, 286-298

Carey, Peter. (2001). The Internet and E-commerce. Thorogood, SPI Edition.

Daniels, John D; Radebaugh, Lee H; dan Sullivan, Daniel P. (2015). International Business Environments and Operations 15th Edition. London: Pearson Education Limited.

Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity 4th Global Edition. Essex: Pearson Education Limited

Nickels, William; McHugh, James M; McHugh, Susan M. (2019). Understanding Business Twelfth Edition. New York: MacGraw Hill.

Youth and Environment Europe. 2018. Active Youth - Better Environment. Praha-Hostivař: YEE.

Published

2024-05-10

How to Cite

Tarumanegara, F., Sidik, H., & Sanjaya, F. J. (2024). Pengembangan Produk dan Brand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bandarlampung Berbasis E-Marketplace . Ragom Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10–20. Retrieved from https://jurnalragom.fisip.unila.ac.id/index.php/ragom/article/view/15