Penguatan Kesadaran Pendidikan Tinggi Bagi Santriwati Diniyyah Putri Lampung: Strategi Pemberdayaan Perempuan dalam Era Global

Authors

  • Rara Gusnita Putri Universitas Lampung
  • Fitri Fatharani
  • Irsyaad Suharyadi
  • Ayu Wulandari
  • Vincensius Soma Ferrer

Keywords:

SDGs, Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan Tinggi, Pesantren, Santriwati

Abstract

Kesenjangan partisipasi perempuan dalam pendidikan tinggi masih menjadi tantangan di berbagai wilayah, termasuk di lingkungan pesantren. Padahal, pendidikan tinggi merupakan instrumen penting bagi pemberdayaan perempuan agar mampu berperan aktif dalam pembangunan di era global. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran santriwati Pesantren Putri Diniyyah Putri, Lampung, terhadap pentingnya melanjutkan pendidikan tinggi sebagai bagian dari strategi pemberdayaan perempuan. Metode pelaksanaan dilakukan melalui sosialisasi interaktif dan reflektif yang mencakup ceramah motivatif, diskusi kelompok, serta sesi refleksi bersama alumni pesantren yang telah menempuh pendidikan tinggi. Evaluasi dilakukan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan tingkat pemahaman dan motivasi peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kesadaran dan aspirasi santriwati terhadap pendidikan tinggi, disertai penguatan nilai-nilai keislaman yang mendukung semangat belajar sepanjang hayat. Kegiatan ini menegaskan bahwa pesantren memiliki potensi strategis sebagai ruang pembentukan kesadaran kritis perempuan dan pusat pemberdayaan yang berakar pada nilai-nilai moral dan spiritual Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kabeer, N. (1999). Resources, Agency, Achievements: Reflections on the Measurement of Women’s Empowerment. Development and Change, 30(3), 435–464. https://doi.org/10.1111/1467-7660.00125

Rasyid, A., & Yunus, N. (2020). Rahmah El Yunusiyah dan Modernisasi Pendidikan Perempuan di Diniyyah Putri Padang Panjang. ADDIN, 14(1), 1–26. https://doi.org/10.21043/addin.v14i1.6338

World Bank. (2012). World Development Report 2012: Gender Equality and Development. Washington, DC: World Bank.

World Economic Forum. (2024). Global Gender Gap Report 2024. Geneva: WEF.

United Nation Women (2017). Theories of Change for UN Women’s Thematic Priorities: Achieving Transformative Results for Gender Equality and Women's Empowerment. https://www.unwomen.org/sites/default/files/2023-01/hlp-wee-report-2017-03-taking-action-en.pdf

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Putri, R. G., Fatharani, F., Suharyadi, I., Wulandari, A., & Soma Ferrer, V. (2025). Penguatan Kesadaran Pendidikan Tinggi Bagi Santriwati Diniyyah Putri Lampung: Strategi Pemberdayaan Perempuan dalam Era Global. Ragom Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 27–33. Retrieved from https://jurnalragom.fisip.unila.ac.id/index.php/ragom/article/view/41

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.