Literasi Penggunaan Media Digital Sebagai Media Parenting Bagi Perempuan Dan Orang Tua Di Kota Bandar Lampung
Keywords:
Anak usia dini, Digital Parenting, Gadget, Orang Tua, PerempuanAbstract
Pelatihan literasi pemanfaatan media digital dalam proses parenting pada anak usia dini dirasa sangat perlu untuk dilakukan untuk membekali orang tua dan calon orang tua yang siap menghadapi era digital. Di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perempuan selaku calon orang tua yang cenderung banyak menghabiskan waktu bersama anaknya, perlu dibekali dengan kemampuan digital parenting dan skill komunikasi yang memadai. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan manfaat penggunaan media digital serta meminimalisir dampak negatif dari penggunaan media digital sebagai media parenting. Kota Bandar lampung sebagai ibu kota Provinsi, harusnya dapat menjadi pusat literasi digital parenting. Sebagai salah satu kota dengan tingkat akses internet yang tinggi di Provinsi Lampung, pembekalan dan pelatihan literasi digital terhadap perempuan dan mahasiswi melalui organisasi perempuan KOHATI diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan literasi digital parenting bagi anak usia dini. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah membuat peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai digital parenting. Khususnya dalam mempersiapkan diri menghadapi kemajuan teknologi yang berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak usia dini. Metode yang akan diberikan yaitu Pre-Test, Sosialisasi dan Post-Test, yang akan dilanjutkan dengan pembimbingan dalam bentuk diskusi bersama ahli dan masyarakat. Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan efektivitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pemaparan 3 materi tentang Media digital sebagai peluang dan ancaman dalam parenting di era digitalisasi, strategi komunikasi efektif dalam menghadapi anak usia dini di era digitalisasi, dan kiat bijak pemanfaatan media digital dalam digital parenting pada anak usia dini. Pemaparan ketiga materi diatas yang merupakan penjabaran dari 3 indikator pencapaian peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan dalam digital parenting dinilai mengalami peningkatan yang signifikan.
Downloads
References
Hidayat, S., & Nur, L. (2018). NILAI KARAKTER, BERPIKIR KRITIS DAN PSIKOMOTORIK ANAK USIA DINI. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.4.
İnan-Kaya, G., Mutlu-Bayraktar, D., & Yilmaz, O. (2018). Digital parenting: Perceptions on Digital Risks. Kalem Uluslararasi Egitim ve Insan Bilimleri Dergisi. https://doi.org/10.23863/KALEM.2018.96.
Permendikbud no. 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Purnama, S. (2016). Materi-materi pilihan dalam parenting education menurut Munif Chatib. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 1-16. http://ejournal.uin-suka.
Suwastin, N. K., Tantra, D. K., & Wirawan, I. G. (2021). Digital parenting Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Pengasuhan Orangtua dalam Melakukan Pendampingan Penggunaan Gadget pada Anak di Kota Singaraja.Proceeding Senadimas Undiksha, 1343-1349.
Yan, H., Zhang, R., Oniffrey, T., Chen, G., Wang, Y., Wu, Y., Zhang, X., Wang, Q., Ma, L., Li, R., & Moore, J. (2017). Associations among Screen time and Unhealthy Behaviors, Academic Performance, and Well-Being in Chinese Adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14. https://doi.org/10.3390/ijerph14060596.
Yusuf. LN., S. (2012). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Zaimasuri, Wulan Suciska, Anna Gustina Zainal, Ahmad Riza Faisal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.