Pengenalan Pembelajaran Digital dan Teknologi AI untuk Meningkatkan Motivasi Kewirausahaan pada Siswa SMAN 13 Bandar Lampung

Authors

  • Regiana Revilia Universitas Lampung
  • Rara Gusnita Putri

Keywords:

Pembelajaran digital, Kecerdasan buatan, Kewirausahaan, Motivasi Kewirausahaan, Pre-test, Post-test

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana pembelajaran digital dan kecerdasan buatan (AI) berdampak pada peningkatan pengetahuan dan motivasi kewirausahaan siswa di SMAN 13 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan pendekatan kuantitatif. Sebelum dan sesudah sesi pembelajaran kewirausahaan berbasis teknologi digital dan AI, tujuh pertanyaan pre-test dan post-test diberikan kepada peserta untuk mengukur pemahaman mereka dan tingkat motivasi mereka sebelum dan sesudah sesi. Contoh pertanyaan yang diberikan termasuk penggunaan Canva untuk desain logo, design.com untuk pengeditan logo, dan InvideoAI untuk membuat video promosi. Dari pre-test ke post-test, skor rata-rata meningkat 72,43%. Kemudian hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data pre-test terdistribusi normal (p > 0,05), sedangkan data post-test tidak terdistribusi normal (p < 0,05). Pada data Post-Test yang tidak terdistribusi normal, uji Wilcoxon kemudian dilakukan dan menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara Pre-Test dan Post-Test. Nilai z menunjukkan angka positif 2.456, menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test lebih tinggi daripada pre-test, dengan p-value signifikan = 0.014. Uji t berpasangan pada data pre-test juga menunjukkan adanya perbedaan signifikan, dengan nilai t = -3,1995 dan p = 0,0186. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan yang efektif menggunakan teknologi digital dan AI dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keinginan siswa untuk lebih memahami ide dan praktik kewirausahaan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pembangunan kurikulum kewirausahaan berbasis digital yang lebih interaktif, berguna, dan meningkatkan kecakapan ekonomi digital para siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Muh. I. S., Idrus, M., & Rijal, S. (2023). The Role of Education in Fostering Entrepreneurial Spirit in the Young Generation. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN). https://doi.org/10.61100/adman.v1i2.28

Aida, A., Hermina, D., & Norlaila, N. (2025). JENIS DATA PENELITIAN KUANTITATIF (Korelasional, Komparatif, Dan Eksperimen). Al-Manba Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.69782/almanba.v10i1.48

Ali, S. R., Zunain, S., Faraz, M., & Shujaa, T. Bin. (2025). Empowering Entrepreneurship Education with Digital Technologies Tools. Qlantic Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.55737/qjss.vi-i.25305

An, E. J., & Chun, D. (2023). The Effect of Adolescent Entrepreneurship Education on the will to Start a Business : Focused on High Schools in Busan. Asia-Pacific Journal of Convergent Research Interchange. https://doi.org/10.47116/apjcri.2023.11.58

BPS. (2025). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2025. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2025/05/05/2432/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-76-persen--rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-09-juta-rupiah-.html

Cooper, R. (2024). The AI transformation of product innovation. Industrial Marketing Management. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2024.03.008

Dabbous, A., & Boustani, N. (2023). Digital Explosion and Entrepreneurship Education: Impact on Promoting Entrepreneurial Intention for Business Students. Journal of Risk and Financial Management. https://doi.org/10.3390/jrfm16010027

Ding, M. (2025). Design Innovation and User Satisfaction Improvement of AI Video Creation Tools. Scientific Journal of Technology. https://doi.org/10.54691/yvrfrh86

Hagag, A.-E. (2022). Normality tests Procedure with power comparison. المجلة العلمیة للإقتصاد و التجارة, 52(2), 499–556.

Hasan, K. (2024). Quantitative Methods in Social Science Research: Systematic Review of Content Analysis, Survey and Experiment Methodologies. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4698175

Nielsen, K., Heblich, S., & Sarasvathy, S. (2025). Nationwide entrepreneurship content in secondary schools: Impact on entrepreneurial careers. Strategic Entrepreneurship Journal. https://doi.org/10.1002/sej.1551

Núñez-Canal, M., Ponce, R. S., Azqueta, A., & Montoro-Fernández, E. (2023). How Effective Is Entrepreneurship Education in Schools? An Empirical Study of the New Curriculum in Spain. Education Sciences. https://doi.org/10.3390/educsci13070740

Priyadi, H., & Mulyani, A. S. (2024). The Concept of Entrepreneurship in a Business Perspective. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA). https://doi.org/10.55927/esa.v3i1.7571

Rauf, R., Raheni, C., Tovan, T., Mardia, M., Setiawan, L., & Rodliyatun, M. (2024). Entrepreneurship education and digital transformation, opportunities and challenges in Indonesia. Journal of Infrastructure, Policy and Development. https://doi.org/10.24294/jipd.v8i12.7740

Sulistianingsih, S. (2023). Use of Digital Technology to Support the Entrepreneurship Education Process. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.203

Wati, S. O. M., Sitorus, O. F., & Utami, N. (2024). Fostering Job Creation: Implementing Entrepreneurship Education in Senior High Schools. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.19109/av1rvc97

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Regiana Revilia, & Rara Gusnita Putri. (2025). Pengenalan Pembelajaran Digital dan Teknologi AI untuk Meningkatkan Motivasi Kewirausahaan pada Siswa SMAN 13 Bandar Lampung. Ragom Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 34–45. Retrieved from https://jurnalragom.fisip.unila.ac.id/index.php/ragom/article/view/40

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.