Pelatihan TOEFL Test

Listening Comprehension bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Halu Oleo

Authors

  • Dian Trianita Lestari Universitas Halu Oleo
  • Harnina Ridwan Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Zaenal Arwih Universitas Halu Oleo

Keywords:

Listening Comprehension, Mahasiswa, Pelatihan, TOEFL Test

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul: Pelatihan TOEFL Test: Listening Comprehension bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Halu Oleo bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan/ listening skill mahasiswa guna mempersiapkan diri dalam mengikuti TOEFL test sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian akhir/ skripsi. Hal ini didasari oleh masih banyaknya mahasiswa yang tidak mampu untuk memenuhi ambang batas minimal skor TOEFL untuk dinyatakan memenuhi syarat agar bisa mengikuti ujian skripsi. TOEFL test yang umumnya terdiri dari keterampilan membaca/ reading, tata Bahasa/ grammar dan mendengarkan/ listening, dianggap sulit oleh mayoritas mahasiswa. Soal-soal Listening terutama adalah salah satu yang paling sering dirasakan sulit untuk dijawab oleh mahasiswa. Betapa tidak, mahasiswa hanya diberi kesempatan satu kali untuk mendengarkan audio yang diisi oleh native speaker. Hal inilah yang kemudian membuat banyak mahasiswa gagal untuk memenuhi nilai standar minimal pada kesempatan tes pertama. Ini tentunya menjadi masalah baik oleh mahasiswa maupun program studi. Bagi mahasiswa, maka akan terhambat dalam menyelesaikan tugas akhir karena sertifikat TOEFL adalah salah satu syarat untuk bisa mengikuti ujian skripsi. Bagi program studi, tentunya akan berdampak pada masa studi rata-rata mahasiswa dan berimplikasi pada akreditasi program studi. Oleh karena itu, tim pengabdian melakukan kegiatan pelatihan dengan mengajarkan mahasiswa tips dan trik dalam menjawab soal-soal listening TOEFL, diantaranya soal tentang short conversation between two people dan longer conversation. Dalam pelatihan ini mahasiswa mengetahui cara untuk menjawab soal listening dengan memperhatikan kata kunci di soal, memilih jawaban yang merupakan bentuk pasif dari kalimat pembicara kedua dan terkadang perlu untuk memperhatikan hal-hal yang tersirat dari percakapan. Melalui pelatihan ini diharapkan bahwa mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi dapat memperoleh nilai di atas standar minimum kelulusan dalam TOEFL test.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Center for International Language and Cultural Studies. (n.d.). TOEFL iBT® – Cilacs UII. Retrieved May 10, 2024, from https://cilacs.uii.ac.id/toefl-ibt/

Kementerian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. In Undang Undang.

Saifuddin, I. A. (2006). Buku pintar TOEFL. DIVA Press.

Sirajuddin, S., & Yahrif, M. (2021). Pelatihan Listening Untuk TOEFL Test Bagi Mahasiswa Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. MEGA PENA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–75. https://doi.org/10.37289/megarezky

Sulaiman, M., Saputri, K., & Yuliani, S. (2021). Pelatihan TOEFL Bagi Mahasiswa Semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UM Palembang. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 190–195. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.249

Published

2024-05-10

How to Cite

Lestari , D. T., Ridwan , H., & Arwih , M. Z. (2024). Pelatihan TOEFL Test: Listening Comprehension bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Halu Oleo. Ragom Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–27. Retrieved from https://jurnalragom.fisip.unila.ac.id/index.php/ragom/article/view/16