Pelatihan Penyusunan Tugas Akhir kepada Mahasiswa Penerima Beasiswa di Bandar Lampung

Authors

  • Hadi Prayitno Universitas Lampung
  • Fathul Mu’in Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ghani Fadhil Rabbani Universitas Lampung
  • Rahayu Lestari Universitas Lampung

Keywords:

Mahasiswa, Penerima Beasiswa, Pelatihan, Tugas Akhir

Abstract

Pelatihan Penyusunan Tugas Akhir bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa di Bandar Lampung bertujuan untuk memberikan guideline dan motivasi kepada mahasiswa penerima beasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka tepat waktu. Banyak mahasiswa menghadapi berbagai tantangan dalam proses penulisan tugas akhir, termasuk pemilihan topik, manajemen waktu, teknik penelitian, analisis data, dan penyusunan laporan. Pelatihan ini diadakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk membantu mahasiswa mengatasi kendala tersebut dan mencapai hasil akademik yang optimal. Pelatihan ini meluputi pertama motivasi lulus tepat waktu, pendahuluan dan pemahaman tentang tugas akhir, termasuk pemilihan topik yang relevan dan penyusunan proposal. Selanjutnya mendiskusikan teknik penelitian dan pengumpulan data, serta manajemen waktu yang efektif. Selain itu, peserta juga diekmbangkan kemampuannya dalam memanfaatkaan Artificial Intelligent  dan optimalisasi software dalam pengolahan data. Peserta juga diajak mengelabolari teknik analisis data dan penulisan tugas akhir yang baik dan benar. Terakhir peserta mensimulasikan penyusunan presentasi tugas akhir. Metodologi pelatihan meliputi ceramah, diskusi, workshop, studi kasus, dan sesi konsultasi individu. Peserta diberi kesempatan untuk mempraktikkan teori yang telah dipelajari melalui simulasi dan praktek langsung, serta berkonsultasi dengan narasumber mengenai permasalahan spesifik yang mereka hadapi. Pelatihan ini melibatkan para beberapa narasumber yang memberikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada peserta. Hasil dari Pengabdian  ini menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang lebih baik tentang proses penulisan tugas akhir. Selain itu ketrampiran peserta dalam mengoptimalkan alat-alat bantu penyusunan skripsi meningkat hingga 52%, hanya tinggal 1 mahasiswa yang masih melakukan sitasi manual dansebanyak 70% peserta telah melaksanakan seminar hasil. Pendingan ini bias diperluas dengan pendampingan paska kampus, agar para penerima beasiswa semakin berdampak kepada kemajuan bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1).

Djaelani, S., Syaifullah, S., Ardiyan, E. E., & Rahmawati, M. (2022). Pelatihan Metode Penelitian dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Menyelesaikan Skripsi, Tesis, dan Jurnal Ilmiah untuk Mahasiswa dan Dosen. PADMA, 2(1). https://doi.org/10.56689/padma.v2i1.579

Jasiah, Kusumawati Ita Rahmania, Kusumawati, Sutiharni, Wetri Febrina, & Yetti Elfina S. (2023). Pelatihan Sistematika Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 4(1).

Kargbo, J. A. (2010). Undergraduate students’ problems with citing references. Reference Librarian, 51(3). https://doi.org/10.1080/02763871003769673

Marito, W., Riani, N., Elfina, H., Fahruza Siregar, R., & Ramadhani, R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Penulisan Skripsi Di UPMI Medan. Jurnal Abdimas UPMI, 1(02).

Misa, M., & Lasi, F. (2022). Pelatihan Penggunaan Mendeley Dalam Penulisan Proposal Dan Skripsi Bagi Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Timor. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.32938/jpkm.1.1.2022.34-41

Nanna, A. W. I., Pratiwi, E., Kusnadi, D., Aras, I., & Barumbun, M. (2023). Pendampingan Mahasiswa PGSD dalam Menemukan Ide Menulis: Bidang Minat Matematika SD. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3). https://doi.org/10.30651/aks.v7i3.13502

Nurkamto, J., Djatmika, & Prihandoko, L. A. (2022). Students’ Problems Of Academic Writing Competencies, Challenges In Online Thesis Supervision, And The Solutions: Thesis Supervisors’ Perspectives. Teflin Journal, 33(1). https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v33i1/123-147

Putri, P. K. (2022). Coping Stress among Students during Undergraduate Research Project. Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta, 5(2). https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v5i2.14623

Siti Sa’diah, Rukmayadi, Y., Shofiyah Tanjung, K., Puji Lestari, N., & Rizki, A. (2023). Problems and Strategies in Developing Writing Undergraduate Thesis: A Study in EFL Students. Loquen: English Studies Journal, 15(2). https://doi.org/10.32678/loquen.v15i2.7890

Situmorang, D. D. B. (2018). How does cognitive behavior therapy view an academic anxiety of the undergraduate thesis? Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(2). https://doi.org/10.25217/igcj.v1i2.221Sampah, Limbah dan B3. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Nur, I., & Djaffar, C. (2020). Kesempatan Memperoleh Pendidikan Pada Masyarakat Pesisir Ponjalae, Palopo: Sebuah Analisis Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 109–122.

Published

2024-05-10

How to Cite

Prayitno, H., Mu’in, F., Rabbani, G. F., & Lestari, R. (2024). Pelatihan Penyusunan Tugas Akhir kepada Mahasiswa Penerima Beasiswa di Bandar Lampung. Ragom Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37–43. Retrieved from https://jurnalragom.fisip.unila.ac.id/index.php/ragom/article/view/18